Terumbu karang, Padang lamun, Mangove lagi

TERUMBU KARANG

Terumbu karang (coral reef ) merupakan ekosistem yang khas daerah tropis. Selain mempunyai produktivitas organic yang tinggi, ekosistem ini memiliki keanekaragaman biota yang ada di dalamnya. Komponen biota terpenting di suatu terumbu karang ialah hewan karang batu (stony coral), hewan yang tergolong Scleractinia yang kerangkanya terbuat dari bahan kapur. Selain memiliki nilai keindahan ( estetika ) dan pelindung pantai, terumbu karang melabuhkan berbagai Janis ikan karang, udang karang, rumput laut, teripang dan jenis – jenis moluska yang merupakan komoditi yang mempunyai nilai ekonomi penting. Kehadiran jenis – jenis komoditas tersebut menjadikan terumbu karang sebagai daerah penangkapan ikan yang potensial bagi nelayan. Terumbu karang di perairan kabupaten Supiori terdiri dari 3 type, yaitu terumbu karang tepi (fringing reefx). Terunbu karang cincin (atol), dan terumbu karang tambalan (patch reefs). Terumbu karang tepi merupakan terumbu karang yang paling umum di jumapi Karena tumbuh dan bekembag sepanjang perairan pantai. Terumbu karang di jumpai di pulau supiori, pulau – pulau isebelah utara, selatan dan timur pulau Supiori. Terumbu karang atol adalah terumbu karang yang tumbuh dan berkembang seperti cincin. Terumbu karang jenis ini dapat dijumpai dikepulauan Mapia. Pulau-pulau mapia merupakan hasil perkembangan dari teumbu karang atol. Terumbu karang tambalan merupakan terumbu karang yang masih tahap pertumbuhan dan masih tetap berada dalam peraian bila terjadi pasang surut air. Terumbu karang ini banyak terdapat di pesisir baratpulau supiori dan perairan antara pulau Meosbefondi dan pulau Supiori. Bagi nelayan kawasan ini merupakan daerah penangkapan ikan karang yang potensial. Kondisi terumbu karang di propinsi supriori cukup beragam. Berdasarkan hasil kajian mitra pesisir Biak (2004) kondisi terumbu karang di perairan pulau-pulau kecil di distrik supriori selatan yang dipelajari berdasarkan presentase tutupan karang hidup secara rata-rata sebesar 29,15 %. Berdasarkan kondisi ini kondisi terumbu karang di peraiaran tersebut berada dalam kondisi sedang ( KEPMEN LH No. 04 Tahun 2001). Terrumbu karang dibawah kawasan ini terdiri atas 72 jenis yang mewakili 27 marga dan 13 famili. Jenis karang batu yang dominan berasal dari marga porites, pocillopoa, montipora, acropora, dan karang lunak ( soft coral ).

PADANG LAMUN

Lamun merupakan tumbuhan berbunga yang beradaptasi hidup terbenam dalam laut. Tumbuhan ini terdiri dari atas akar, daun dan tangkai-tangkai merayap (rhoizome). Lamun hidup pada peraiaan dangkal yang agak berpasir dan sering dijumpai di terumbu karang.pada tempat yang terlindung lamun berkembang dengan baik dan menutupi suatu kawasan yang luas sehingga membentuk padang lamun. secara ekologis lamun berfungsi sebgai produsen primer, pendaur zat hara, tempat berpijah, dan mencari makan berbagai jenis biota laut, stabilisator dasar, perangkap sedimen dan penahan abrasi. Jenis-jenis lamun yang terdapat diperaiaran pesisir pulau-pulau kabupaten supriori adalah halodude pinifolia, halodude ulinevis, thalassia hemprichii, enhalus acroides, syringodium isotifolium, cymodecea serrulata dan cymodeceae rontunandata. Setengah dari jumlah jenis – jenis lamun di perairan Indonesia sebanyak 13 jenis lamun ditemukan di perairan pantai pulau – pulau Kabupaten Supiori.

HUTAN MANGROVE

Mangrove merupakan komunitas tumbuhan berkayu yang khas terdapat di sepanjang pantai terlindung atau muara sungai yang dipengaruhi oleh pasang surut air laut. Hutan mangrove sering pula disebut sebagai hutan pantai, hutan pasang surut, hutan payau atau hutan bakau. Mangrove berfungsi menjebak dan menahan sedimen, merendam badai pantai dan energy gelombang, memberi perlindungan bagi juvenile ikan dan biota avertebrata dan mengasimilasi nutrient untuk dikonversi menjadi jaringan tumbuhan, control terhadap erosi, menetralisasi limbah cair dan sebagai sanctuary kehidupan liar ( Clark, 1982). Di Kabupaten Supiori, hutan mangrove ditemukan di sepanjang pesisir Distrik Supiori Timur sampai Distrik Supiori Selatan dan beberapa pulau kecil di Distrik Supiori Selatan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: