Terumbu karang, padang lamun, mangrove

Terumbu Karang


Terumbu karang adalah hamparan yang sebagian besar biota penyusunnya adalah koloni karang, dimana koloni karang tersusun dari polip karang dari spesies yang sama yang berada pada satu rangka skeleton. Terumbu karang  termasuk ekosistem yang paling tua di bumi ini. Waktu yang dibutuhkan untuk tumbuh adalah antara 5000 sampai 10.000 tahun . Manfaat terumbu karang antara lain sebagai pelindung pantai dari hempasan ombak, tempat asuhan dan berkembang biak bagi ikan, menyediakan sumber protein bagi masyarakat, menyediakan makanan, tempat tinggal, dan perlindungan bagi mahluk laut, menyediakan lapangan kerja melalui perikanan dan pariwisata, dan sebagai salah satu sumber obat-obatan untuk berbagai macam penyakit. Untuk melestarikan Terumbu karang dapat melakukan hal –hal seperti : jangan membeli souvenir atau barang-barang yang terbuat dari karang atau mahluk laut lainnya seperti karang yang dikeringkan, ikan buntal yang diawetkan, kerang-kerang besar dan lain-lain. Jangan menyentuh, berdiri di atas karang, atau mengunpulkan karang ketika sedang bermain dilaut atau snorkeling. Jika anda adalah seorang penyelam, perhatikan gerakan fin, tabung, dan alat selam lainnya, jangan sampai membentur karang. Jika anda memiliki akuarium air laut, pastikan anda membeli ikan-ikan yang tidak ditangkap menggunakan racun.

Padang Lamun


Padang lamun adalah sejenis padang ilalang laut yang tumbuh subur di dasar perairan dangkal, dimana sinar matahari dapat menembus dasar perairan sehingga memungkinkan padang ilalang tersebut berfotosintesis. Pada ekosistem lamun dapat dijumpai berbagai jenis biota pemakan daun lamun seperti : ikan baronang, penyu, dugong, lola dan udang. Manfaat padang lamun selain berfungsi sebagai produsen atau penghasil makanan adalah sebagai tempat berlindung, bertelur, memijah, dan membesarkan anak bagi biota laut. Selain itu, padang lamun juga mempunyai akar yang berfungsi untuk menstabilkan substrat (dasar laut), mencegah abrasi/erosi, mengurangi kekeruhan, menjebak zat hara, nutrien dan sedimen. Bagi kehidupan manusia manfaat padang lamun diantaranya, daunnya dapat dibuat atap rumah., makanan ternak, anyaman, dan kasur. Selain itu, dapat

Mangrove


Mangrove adalah komunitas vegetasi pantai tropis yang didominasi oleh beberapa jenis pohon mangrove atau bakau yang mampu tumbuh dan berkembang pada daerah pasang surut, pantai berlumpur atau berpasir, seperti pohon api-api (Avicennia spp.), bakau (rhizophora spp.) Manfaat Mangrove antara lain sebagai peredam gelombang dan angin, pelindung dari abrasi dan pengikisan pantai oleh air laut, penahan intrusi air laut ke darat, penahan lumpur dan perangkap sedimen, sebagai penghasil sejumlah besar detritus bagi plankton yang merupakan sumber makanan utama biota laut, sebagai daerah asuhan (nursery grounds), tempat mencari makan (feeding grounds), dan daerah pemijahan (spawning grounds) berbagai jenis ikan, udang dan biota laut lainnya, sebagai habitat bagi beberapa satwa liar, seperti burung, reptilia (biawak, ular), dan mamalia (monyet),  sebagai penghasil kayu konstruksi, kayu bakar, bahan baku arang, dan bahan baku kertas dan sebagai tempat ekowisata. Sumber – sumber pengrusakan hutan mangrove diantaranya adalah usaha tambak udang, penebangan kayu dan logging, penambangan minyak lepas pantai, pencemaran bibir pantai, tourism, urbanisasi dan perluasan wilayah, dan pembangunan jalan dan infrastruktur.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s


%d blogger menyukai ini: